kunjungan ke

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG, MAANFAATKAN FASILITAS SMS GRATIS, YM, FACEBOOK, TWITTER DLL UNTUK BERHUBUNGAN DENGAN KAMI

Kamis, 03 Maret 2011

GOA LAWAH




Salahsatu lokasi tujuan wisata popular di Kabupaten Klungkung adalah PuraKahyangan Jagat Goa Lawah. Pura ini terdapat di desa Pesinggahan,Kecamatan Dawan. Lokasinya sangat mudah untuk dijangkau karena persis berada dipinggir jalan utama antara kota Semarapura – ibukotaKabupaten Klungkung menuju kota Amlapura- ibukota KabupatenKarangasem. Sekitar 49 kilometer dari Denpasar atau 50 menitperjalanan dengan kendaraan roda empat maupun sarana transportasilainnya.
Uniknya Pura ini dihuni ribuan kelelawar dan ular yang hidup harmonis. Oleh masyarakat setempat kelelawar dan ular ini sangat disucikan. Catatan sejarah menyebut Pura Goa Lawah ini, tempat bertahtanya Ida Sang Hyang Basukih dan menurut Padma Bhuwana, pura ini berada di arah tenggara sebagai kedudukan Dewa Maheswara. Konon Goa yang terdapat di pura ini, tembus ke Gunung Agung dan diperkirakan merupakan bekas aliran sungai bawah tanah.
Arealpura dibagi atas Tri Mandala : Jeroan, sebagai utama mandala dimanaGoa ini berada dengan beberapa Pelinggih utama; Jaba Tengah, sebagaimadya mandala diisi dengan beberapa pelinggih dan Jaba Sisi adalahpantai atau segara Goa Lawah yang dipisahkan dengan jalan Semarapura-Amlapura. Pemugaran pura yang telah dilangsungkan beberapa tahun lalusemakin mempercantik wajah pura, sangat sayang untuk dilewatkan saatberwisata di pulau Bali

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More